Tata Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Efektif

Belakangan makin banyak orang yang mencari tahu cara membuat lamaran kerja via email. Selain itu praktis, sebenarnya teknik ini merupakan salah satu strategi menebar umpan untuk mendapatkan ‘ikan’. Tanpa perlu keluar masuk kantor satu persatu yang melelahkan, kita bisa mengirimkan banyak sekali surat lamaran ke berbagai perusahaan atau instansi.

Apalagi pemerintah telah mengumumkan rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Dalam rilisnya, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyatakan bahwa proses pendaftaran CPNS dilakukan secara online melalui situs resminya, yaitu sscasn.bkn.go.id.

Karena itulah dengan tutorial singkat tentang tata cara mengirim lamaran kerja via email ini mungkin akan bermanfaat untuk anda. Apakah perusahaan akan memperhatikan lamaran kerja yang dibuat dan dikirimkan melalui email? Tak sedikit orang yang berhasil atau setidaknya dipanggil untuk tes selanjutnya setelah memperhatikan lamaran pekerjaan yang anda kirimkan.

Langkah Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

Cara membuat lamaran kerja via email sebenarnya mencakup beberapa tahapan yang mesti dilakukan dan disiapkan. Tahapan ini tak ubahnya seperti kita melamar pekerjaan secara offline dengan membawa berbagai berkas, dokumen, dan kelengkapan lainnya.

Yuk langsung saja simak ulasan cara membuat dan mengirimkan lamaran kerja via email di bawah ini.

Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk cara membuat surat lamaran kerja formatnya juga sama seperti surat lemaran kerja biasa yang berisi keinginan anda untuk melamar pekerjaan. Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:

Perihal

Dibagian atas kiri tuliskan terlebih dahulu tentang ‘Perihal’ surat ini dibuat. Biasanya kita akan menuliskan : “Perihal: Melamar Pekerjaan”

Kepada

Untuk kolom ini tentunya dimaksudkan kepada siapa surat lamaran akan dikirimakan. Anda bisa sesuaikan dengan ketentuan yang dicantum perusahaan yang membuka lowongan kerja. Biasanya kolom ini diisi dengan jabatan, seperti Pimpinan Perusahaan atau Kepala HRD PT….. Akan lebih baik dilengkapi dengan alamat perusahaan dibawahnya.

Isi Surat

Bagian paling penting tentu saja isi surat lamaran. Namun sebelum menguraikan maksud atau keinginan anda untuk melamar sebaiknya sebutkan secara sekilas nama dan keahlian anda. Setelah itu sampaikan maksud anda untuk mengisi lowongan apa yang dibuka oleh pihak perusahaan. Informasikan juga dari mana kita mendapat informasi lowongan tersebut, dan diakhiri dengan daftar dokumen yang disertakan.

Di akhir surat ini jangan lupa mencantumkan tanda tangan anda. Untuk itu anda bisa scan terlebih dahulu tanda tangan anda agar bisa dicopypastekan di surat lamaran.

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Sebelum membahas tata cara mengirim lamaran kerja via email sebaiknya siapkan terlebih dahulu berbagai kelengkapan dokumken dan berkas yang dibutuhkan. Diantaranya:

  1. Curiculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  2. Kartu Identitas (KTP atau SIM) (di scan)
  3. Ijazah pendidikan terakhir (di scan)
  4. Pasfoto setengah badan (di scan)
  5. Transkrip Nilai (di scan)
  6. SKCK (Surat Keterangan Catatan kepolisian) (di scan)
  7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter jika ada (di scan)
  8. Sertifikat yang dimiliki (di scan)
  9. NPWP jika ada (di scan)
  10. Dokumen pendukung lainnya

Tentang Curiculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup ada banyak template yang disediakan di internet yangbisa anda manfaatkan untuk membuat CV yang profesional. Untuk info selengkapnya telah diulas di artikel sebelumnya tentang Aplikasi Untuk Membuat CV Terbaik dan Terpopuler.

Setelah semua dokumen dan berkas lengkap, langkah selanjutnya adalah menyatukan semua dokumen tersebut dalam satu file word. Urutannya tentu saja surat lamaran kerja di bagian pertama diikuti berkas di atas secara berurutan.

Untuk memudakan pihak perusahaan dalam membuka fila lamaran kerja anda sebaiknya ubah file word tersebut dalam bentuk PDF. Format PDF selain mudah dibuka dan dibaca juga bisa diprint jika perusahaan tertarik dengan lamaran anda.

Langkah selanjutnya tinggal membuka platform email yang akan anda gunakan. Ada Gmail, Yahoo Mail, HotmailRocketmail, dan lainnya. Tak ada batasan untuk memilih platform karena semuanya bisa digunakan.

Dalam tata cara mengirim lamaran kerja via email silahkan masukkan alamat email perusahaan yang dituju. Sedangkan untuk Subject email disi dengan posisi yang anda lamar pada perusahaan tersebut sesuai lowongan yang ada.

Untuk body atau isi email sebaiknya jangan kosong namun anda bisa copy paste saja isi surat lamaran kerja anda. Setelah itu di bagian attachment upload dokumen anda yang telah berformat PDF.

Jangan lupa cek lagi sebelum di SENT.

Demikianlah tahapan atau tata cara membuat lamaran kerja via email yang semoga bermanfaat buat anda dalam berburu kerja.

Leave a Comment