SD Card Tidak Terbaca di Laptop, PC, dan Android

SD Card Tidak Terbaca – Storage atau tempat penyimpanan memang sangat penting bagi pengguna gadget. Hal ini dikarenakan file-file yang kita milik perlu disimpan di dalamnya.

Bila kita berbicara tentang tempat penyimpanan pada gadget maka ada dua jenis. Pertama adalah penyimpanan internal dan yang kedua adalah penyimpanan eksternal.

Nah yang akan kita bahas disini adalah tempat penyimpanan eksternal. Karena tempat penyimpanan eksternal jenisnya juga beragam seperti SD Card, SSD, MicroSD, dan yang lainnya maka perlu dispesifikkan lagi.

Tentu kita akan membahas tempat penyimpanan eksternal yang banyak dipakai saat ini yaitu SD Card. Karena banyak masalah yang dimilikinya maka hal ini perlu dibahas lebih detail.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah SD Card tidak terbaca saat dicolokkan di laptop maupun Android. Ini merupakan sesuatu yang menjengkelkan apalagi saat kita butuh memindahkan data.

SD Card Tidak Terbaca di Laptop, PC, dan Android

Masalah ini kita sebut sebagai akibat. Nah jika ada akibat tentu ada sebabnya. Sebabnya sendiri bermacam-macam hal yang mempengaruhinya. Maka dari itu kita mulai dulu dengan mencari sebabnya.

SD Card Sering dilepas

Sebab pertama kenapa SD Card tidak bisa terbaca mungkin karena kamu sering melepasnya dari perangkat. Ini akan melakukan proses baca ulang yang dilakukan oleh perangkat ke SD Card dan bisa merusak SD Card itu sendiri.

Maka dari itu kamu harus menghindari melepas SD Card berulang kali dan terlalu sering. Jika kamu ingin memindahkan file, bisa menggunakan kabel data agar SD Card lebih awet.

SD Card Kotor dan Berdebu

Untuk permasalahan ini kamu bisa mengecek apakah SD Card dalam keadaan kotor atau tidak. Jika kotor maka perlu dibersihkan menggunakan kain atau tisu yang bersih.

Selain itu mungkin kamu sering memegang bagian garis berwarna kuning yang ada di SD Card. Tangan yang berdebu bisa menyebabkan permukaan yang berwarna kuning tertutup oleh debu. Maka perlu dibersihkan.

SD Card Terkena Virus

Bukan tidak mungkin SD Card terkena virus karena perangkat juga tersambung ke Internet. Bisa juga ini terjadi ketika kamu menghubungkannya ke Laptop yang secara tidak diketahui terkena virus.

Nah untuk masalah ini kamu perlu memindai SD Card menggunakan antivirus melalui Laptop. Jika ingin benar-benar bersih maka kamu bisa memformat ulang SD Card agar seperti baru lagi.

Kesimpulan

Hal-hal yang sudah dijelaskan di atas bisa terjadi pada siapa saja. Maka dari itu kamu perlu hati-hati saat menggunakan SD Card. Sehingga SD Card akan lebih awet.

‘Tips Tambahan’

Selain dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas ada faktor lain lagi yang tidak kalah penting. Kamu juga harus memperhatikan merek SD Card saat baru membelinya.

Jangan sampai kamu tergiur dengan harga yang murah. Tapi kamu malah mengabaikan kualitas dari SD Card itu sendiri. Padahal kualitas SD Card itu sangat penting karena jika rusak maka file-file yang tersimpan akan hilang selamanya.

Harapannya melalui tips tambahan ini kamu tidak mengabaikan lagi tentang kualitas SD Card yang akan dibeli. Jika hal ini diabaikan maka bersiaplah untuk mengalami masalah yang sama dikemudian hari.

Nah itu tadi penjelasan tentang SD Card tidak terbaca di Laptop, PC, dan Android versi Rumahdroid. Semoga artikel ini membantu kamu yang sedang mengalami masalah dengan SD Card yang dimiliki.

Leave a Comment