Kompres Video Online Maupun Offline di Android dan PC

Kompres Video – File-file besar yang kita simpan di dalam smartphone maupun laptop ini akan membuat kapasitas ruang memori penyimpanan berkurang. Semakin besar file video yang kita simpan maka memori penyimpanan akan semakin habis.

Jika ruang penyimpanan tinggal sedikit atau tidak mencukupi, maka akan berpengaruh pada performa smartphone atahu laptop. Maka dari itu setiap file video yang akan kita simpan sebaiknya kompress terlebih dahulu.

Alasan Melakukan Kompres Video

Sebelum melakukan kompres video sebaiknya kamu ketahui dulu alasan kebanyakan orang kenapa mereka mau mengompres videonya. Sebenernya alasannya beragam seperti ruang penyimpanan penuh, hp android mulai lemot, agar bisa menyimpan lebih banyak video di hp, dan lain sebagainya.

Memang alasan yang masuk akal karena memang jika hp sudah lemot kita seringkali kesal. Sebenernya ada solusi lain yaitu dengan mengupgrade kapasitas memori.

Selama ini kita hanya menggunakan memori internal bawaan hp saat pertama kali membelinya. Padahal kita juga dapat menambahkan memori eksternal ke dalamnya. Sehingga kapasitas penyimpanan menjadi besar.

Tapi jika kamu tidak memiliki cukup uang, maka disarankan untuk melakukan kompress video saja. Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukannya.

Kompres Video Online Maupun Offline di Android dan PC

Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video. Tapi tidak semua aplikasi memiliki kualitas yang bagus. Maka dari itu kamu perlu memilih aplikasi yang bagus saja.

Biar gak kelamaan milihnya kali ini Rumahdroid akan memberikan aplikasi yang sangat bagus untuk kompres video. Mulai dari yang offline sampai yang online.

1. Kompres video secara Offline

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan secara offline. Akan tetapi karena kamu perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu maka kamu tetap membutuhkan internet. Makud online disini adalah saat menggunakannya saja.

  1. Pertama download dan install aplikasi Video Konverter.
  2. Setelah terinstall, buka aplikasinya.
  3. Lalu klik tombol ‘Trim & Compress‘.
  4. Kemudian pilih video yang akan dikompres.
  5. Pada bagian ‘Resolution‘ di pojok kiri bawah kamu pilih resolusi yang diinginkan. Lalu di sebelah kanannya ada informasi tentang berapa persen video akan di kompres.
  6. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa menekan icon save yang ada di pojok kanan atas.
  7. Selanjutany klik saja tombol ‘Save to Gallery‘ untuk menyimpannya di penyimpanan hp.
  8. Proses kompres video akan berjalan dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  9. Setelah prosesnya selesai, kamu akan melihat informasi tentang video yang baru saja dikompres. Kamu bisa membandingkannya dengan video sebelum dikompres.

2. Kompres video secara online

Cara kedua ini kamu tidak perlu menginstallnya di smartphono atau laptop. Kamu bisa menggunakan bantuan website yang memiliki fitur kompres video. Mari kita lihat langkahnya berikut ini.

  1. Buka situs CloudConvert.
  2. Setelah terbuka, klik tombol pada ‘Select files‘ dan pilih video yang ingin di kompres.
  3. Lalu klik tombol merah ‘Start Conversion‘ yang ada di bagian bawah. Maka proses upload dan kompres video akan segera berjalan.
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah itu kamu tinggal menyimpannya di laptop atau android.

Kesimpulan

Bagi kamu pengguna android, kamu bisa menggunakan cara yang pertama. Hal ini akan menghemat paket internet yang kamu miliki. Selain itu bisa kamu lakukan dimana saja meskipun tidak ada akses internet.

Sedangkan cara online bisa dilakukan baik menggunakan hp android maupun PC. Karena secara online maka kamu bisa menggunakan browser untuk membuka websitenya.

Nah itu tadi cara kompres video online maupun offline di android dan PC versi Rumahdroid. Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang sedang kesulitan dalam mengkompres video.

Leave a Comment