Cara Menghapus Chromium Permanen di Windows 7, 8, 10

Cara menghapus Chromium secara permanen – Selain mengembangkan Google Chrome ternyata Google juga mengembangkan web browser lain yang bernama Chromium. Chromium sendiri namanya kurang populer di kalangan pengguna komputer dibandingkan dengan Google Chrome.

Nah lo kenapa ya Google membuat dua web browser yang berbeda? Bukankah Google Chrome sudah cukup untuk internetan? Mungkin pertanyaan ini banyak terpikir oleh sebagian besar orang.

Berdasarkan referensi yang Rumahdroid dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, Chromium merupakan proyek peramban web sumber terbuka di mana Google Chrome yang mengambil kode sumbernya. Jadi kira-kira chromium ini merupakan web browser open source yang bebas untuk dikembangkan oleh siapa saja.

Cara Menghapus Chromium Permanen di Windows 7, 8, 10

Sebenarnya kamu bisa menggunakan Chromium seperti browser pada umumnya. Misalnya saja download film di IndoXXI, main sosial media, membaca berita, dan lain sebagainya.

Akan tetapi banyak orang yang terganggu dengan adanya Chromium yang terinstall di laptopnya. Seringkali chromium muncul secara tiba-tiba saat kita sedang membukan aplikasi lain.

Jika kamu juga mengalami masalah yang sama, Rumahdroid akan membantu mengatasinya melalui langkah mudah berikut ini.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus chromium dari laptop. Pertama dengan menggunakan cara uninstall aplikasi, kedua dengan cara menghapus folder aplikasi.

1. Cara menghapus chromium di windows 7, 8, 10 dengan Uninstall Aplikasi

Kita bahas dulu cara yang pertama yaitu menguninstall aplikasi Chromium dari laptop. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan sehingga kamu bisa mengikutinya.

  1. Klik menu ‘Start‘ yang ada di pojok kiri bawah
  2. Buka ‘Control Panel
  3. Di dalam Control Panel, klik cari ‘Uninstall‘ atau ‘Remove Program & Feature‘ dan klik untuk melihat list aplikasi yang sudah kamu install.
  4. Cari aplikasi Chromium, lalu klik kanan dan pilih ‘Uninstall’
  5. Tunggu hingga proses uninstall aplikasi Chromium selesai.

Seharusnya jika kamu sudah melakukan langkah ini, Chromium sudah tidak ada lagi di Windows kamu. Tapi dalam beberapa kasus ada yang tidak menemukan aplikasi chromium di list yang ada di control panel.

Jika kamu tidak menemukan atau melihat Chromium pada langkah nomor tiga di atas, kamu bisa mengikuti cara yang kedua berikut ini.

2. Cara Menghapus Chromium di Windows 7, 8, 10 dengan Hapus Folder

Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan hapus folder di windows. Cukup menuju ke folder yang ingin dihapus dan selesai.

Tapi folder yang akan kamu hapus kali ini merupakan folder aplikasi, maka kamu juga harus hati-hati. Jangan sampai salah menghapus folder aplikasi yang lain. Karena akibatnya bisa fatal.

Lalu lokasi folder aplikasi Chromium itu ada dimana ya? Jawabannya ada di Folder ‘c:’. Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka Windows Explorer
  2. Klik folder ‘C:
  3. Pilih menu ‘Tools‘ di bagian atas
  4. Lalu pilih ‘Folder Options
  5. Cari ‘Show hidden folder‘ dan pastikan opsi itu tercentang, lalu ok.
  6. Kembali ke folder ‘C:‘ lalu masuk ke dalam folder ‘User
  7. Pilih ‘App Data
  8. Pilih ‘Local
  9. Lalu temukan folder Chromium
  10. Hapus folder Chromium dengan cara klik kanan, lalu ‘Delete

Baca juga:

Setelah folder Chromium berhasil dihapus, maka sudah tidak ada lagi aplikasi Chromium di windows kamu. Pekerjaanmu sekarang juga menjadi lebih lancar karena sudah tidak terganggu oleh Chromium yang tidak bisa dihapus tadi.

Sekarang kamu sudah berhasil menghapus chromium secara permanen di windows. Jika temanmu ada yang mengalami masalah yang sama, sekarang kamu bisa membantu mereka mengatasinya.

Kamu juga bisa membantu temanmu yang kesulitan dengan cara share tips ini ke mereka.

Leave a Comment