Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Cara Menggabungkan File PDF – Jenis file ini merupakan jenis file yang sering digunakan untuk menyimpan dokumen. Biasanya file PDF lebih disukai untuk keperluan pengiriman berkas digital.

PDF lebih disukai karena file yang disimpan dalam format PDF susunan teks maupun gambarnya tidak akan berubah. Meskipun dibuka menggunakan versi PDF Reader yang berbeda.

Hal ini sangat berbeda jika kamu menyimpan file dalam format DOC yang biasanya dibuka menggunakan Microsoft Word. Jika kamu membuat file word menggunakan office 2007 lalu kamu membuka file tersebut menggunakan office 2010 maka formatnya akan berantakan.

Oke ya dari sini kamu sudah tahu kenapa harus menggunakan PDF dari pada DOC. Sehingga kamu tidak akan mempunyai masalah saat ingin membuka file yang kamu miliki di laptop orang lain yang memiliki versi PDF Reader berbeda.

Selain file ini memiliki sifat yang fleksibel, kamu juga bisa menyatukan beberapa file menjadi satu. Hal ini sangat dibutuhkan buat orang yang sedang menyusun sebuah ebook atau menyatukan laporan yang terpisah.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Setelah kamu mengetahui keunggulan file ini, maka saatnya Rumahdroid akan memberikan beberapa cara menggabukan file PDF tersebut.

1. Icecream PDF split and Merge

Namanya saja sudah seperti makanan ya. Tapi jangan salah sangka, Icecream yang satu ini merupakan sebuah vendor yang membuat beberapa aplikasi. Salah satunya adalah yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file PDF.

Icecream menyediakan dua versi dari setiap aplikasi yang dibuatnya, yaitu gratis dan berbayar. Untuk tutorial kali ini kita akan menggunakan yang gratis saja.

Yuk langsung saja kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Kamu harus mengunduh aplikasi Icecream PDF Split and Merge lalu install seperti kamu menginstall aplikasi lainnya. Jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang pada opsi instalasi perangkat lunak yang anda inginkan.
  2. Jalankan aplikasinya lalu klik tombol ‘Add File’ dan pilih beberapa PDF yang akan digabungkan.
  3. Atur urutan posisi dari PDF yang akan kamu gabungkan menggunakan tombol ‘Up’ atau ‘Down’ di sebelah kanan sesuai yang kamu inginkan.
  4. Jika diinginkan kamu juga bisa memberikan password untuk file-file yang sudah digabungkan. Jika tidak, kamu bisa melewati langkah nomor 4 ini.
  5. Kemudian klik ‘Merge’ untuk mulai menggabungkan file yang kamu inginkan.

Nah itu tadi postingan tentang cara menggabungkan file pdf menjadi satu yang dapat kami bagikan kali ini.

Bagi yang memiliki masalah tentang ukuran file pdf yang besar, silahkan baca cara memperkecil ukuran file pdf pada artikel sebelumnya.

Pada artikel tersebut juga dijelaskan bagaimana melakukannya secara online maupun offline dengan metode yang sangat mudah.

Leave a Comment