Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Windows 7, 8, 10

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi – Laptop merupakan perangkat yang sudah menjadi kebutuhan untuk saat ini. Baik untuk belajar, bekerja, maupun sekedar bermain game.

Dalam menggunakan laptop dengan merek ASUS, Lenovo, Acer, dan sebagainya ada banyak masalah yang sering ditemui. Salah satu masalah yang sering muncul adalah touchpad tidak berfungsi dengan baik.

Jika touchpad tidak bisa digunakan mungkin kamu bisa menggunakan mouse sebagai alternatif. Tapi masalahnya ada beberapa keadaan yang kamu tidak bisa menggunakan mouse untuk bekerja. Jadi kamu tetap harus menggunakan touchpad.

Biasanya touchpad tidak berfungsi dengan baik setelah kamu melakukan install ulang windows. Lalu kamu lupa atau tidak menginstall drivernya dengan baik. Hasilnya touchpad tidak bisa digunakan dengan semestinya.

Selain itu penyebab lainnya adalah touchpad dinonaktifkan. Entah sengaja atau tidak kamu telah menonaktifkan touchpad laptopmu. Untuk itu kamu harus mengaktifkan lagi touchpad laptopmu.

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Windows 7, 8, 10

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kali ini Rumahdroid akan memberikan beberapa tips untukmu. Oleha karena penyebab masalah ini ada dua maka Rumahdroid juga akan memberikan dua cara yang berbeda.

Pertama kamu harus melakukan update driver touchpad pada laptop. Tentu saja ini akan memerlukan akses internet karena kamu akan melakukan update ke server.

Kedua kamu bisa mengaktifkan touchpad pada laptop jika memang sebelumnya kamu nonaktifkan. Untuk cara yang kedua kamu tidak memerlukan akses internet.

Supaya lebih jelas mengenai kedua cara di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Dengan Update Driver

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kamu memerlukan akses internet, maka pastikan laptop yang akan di update drivernya sudah tersambung ke internet.

  1. Pertama pencet tombol ‘Windows‘ yang ada di keyboard dan ketik device manager lalu ‘ENTER’.
  2. Kemudian cari ‘Your PC‘ dan double klik pada ‘Mice and other pointing devices‘.
  3. Lalu cari touchpad dan klik kanan, lalu pilih ‘update Driver Software…‘.
  4. Lalu klik ‘Search automatically for updated driver software‘ dan ikuti langkah yang diberikan.

Langkah di atas adalah untuk memperbaiki atau memperbarui versi driver touchpad yang tidak berjalan dengan baik. Jika masih belum berhasil kemungkinan besar touchpad laptop sedang dinonaktifkan.

2. Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi Dengan Mengaktifkannya kembali

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mungkin secara tidak sengaja kamu menonaktifkannya. Memang ada beberapa laptop yang bisa menonaktifkan touchpad dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard.

Mungkin secara tidak sengaja kamu melakukannya. Nah untuk mengaktifkannya kembali kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol ‘Windows‘ di keyboard.
  2. Ketikkan mouse dan ‘ENTER’
  3. Pada bagian ‘Device Setting‘, silahkan cari pengontrol touchpad dan jika tampilannya nonaktif maka kamu harus mengaktifkannya kembali.

Kedua cara di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini jika masalahnya ada pada softwarenya. Akan tetapi jika masalahnya terjadi pada hardwarenya, maka kamu perlu membawanya ke service center laptopmu untuk dilakukan pengecekan oleh ahlinya.

Jangan sekali-kali membongkar laptop sendiri karena resikonya bisa fatal. Jika laptopmu masih dalam masa garansi biasanya akan mendaptkan service dan penggantian komponen gratis.

Nah itu tadi cara mengatasi touchpad tidak berfungsi versi Rumahdroid. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami masalah yang sama.

Sekarang kamu juga bisa membantu temanmu jika mereka mengalami masalah seperti ini kedepannya. Yuk share tips ini ke temanmu biar masalahnya cepat terselesaikan.

Leave a Comment