Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected – Tahukah kamu bahwa sebagian besar orang telah menggunakan flashdisk sebagai alat untuk menyimpan dan memindahkan data. Mereka suka menggunakan flashdisk karena simple dan mudah dibawa kemana-mana.

Tapi tak jarang juga orang yang mengalami masalah dengan flashdisknya. Misalnya tidak bisa menambah, mengedit maupun menghapus file. Hal ini dinamakan flashdisk write protected.

Flashdisk write protected bisa terjadi karena banyak sebab. Misalnya kamu mencabutnya dari laptop dengan cara yang tidak benar, karena virus, dan lain sebagainya.

Kali ini Rumahdroid akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan ini. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan diantaranya menggunakan CMD, Regedit, dan software.

Sebelum lanjut, mungkin kamu tertarik membaca cara membuka file RAR yang dipassword pada artikel lain yang telah kami sediakan untuk kamu.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Mudah

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ada tiga cara untuk mengatasinya. Tapi menurut rumahdroid cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan CMD. Karena untuk pengguna windows, fitur ini sudah terinstall secara default.

Oke langsung saja ikuti langkah bagaimana cara mengatasi flashdisk write protected berikut ini.

1. Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan CMD. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah flashdisk write protected.

  1. Pertama flashdisk yang bermasalah harus terpasang di laptop atau komputer.
  2. Buka CMD sebagai administrator. Bagi yang belum tahu caranya klik menu ‘Start’ dan ketikkan ‘CMD’ lalu klik kanan ‘Command Prompt’ pilih ‘Open as Administrator’. Lalu jika ada POPUP, klik ‘Ok’ saja.
  3. Setelah CMD terbuka, ketikan perintah ‘diskpart’, lalu ‘ENTER’.
  4. Lalu perintah ‘listdisk’ dan select disk saya, ganti ‘saya’ dengan nomor untuk flashdisk.
  5. Lalu ketikan ‘attributes disk clear readonly’, lalu ‘ENTER’. Jika sudah selesai ketikan perintah ‘clean’, lalu ‘ENTER’.
  6. Kemudian ketikan perintah ‘format fs=fat32’ atau ‘format fs=ntfs’ sesuai format flashdisk yang kamu inginkan, lalu ‘ENTER’.
  7. Terakhir ketikan ‘exit’ untuk keluar.

Jika kamu mengikuti langkah di atas dengan benar maka flashdisk kamu akan kembali seperti semula. Tapi jika masih belum berhasil kamu bisa mengikuti cara yang kedua.

2. Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan Registry Editor (Regedit)

Cara kedua ini bisa kamu lakukan jika cara pertama belum mampu mengatasi masalahmu. Kamu bisa menggunakan Registry Editor (Regedit) yang sudah menjadi bawaan di windows. Jadi kamu tidak perlu menginstallnya lagi.

Sama seperti CMD, Regedit juga bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya adalah mengatasi flashdisk write protected. Untuk mengetahui caranya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka REGEDIT. Caranya tekan tombol ‘Windows’ + ‘R’ bersamaan. Lalu ketikan ‘regedit’ kemudian ENTER.
  2. Lalu pada panel sebelah kiri pilih HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet lalu cari ‘Control’ dan masuk ke ‘StorageDevicePolicies’
  3. Kemudian cari opsi ‘WriteProtect’ lalu klik kanan dan pilih ‘Modify’
  4. Lalu ubah value data menjadi angka ‘0’ dan klik ‘Ok’
  5. Jika sudah kamu cabut flashdisk dari laptop atau komputer, lakukan restart laptop.
  6. Setelah laptop menyala lagi, colokan kembali flashdisk yang tadi untuk memformatnya.

Harapannya setelah melakukan langkah ini, flashdisk akan kembali normal seperti biasanya. Tapi jika masih belum berhasil kamu bisa menggunakan cara yang ketiga.

3. Cara Mengatasi Flasdisk Write Protected Dengan Software

Setelah mencoba dua cara di atas tapi masih belum berhasil juga, kamu bisa coba cara yang satu ini. Dengan menggunakan software tambahan kamu bisa dengan mudah mengatasi flashdisk write protected.

Banyak software yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi flashdisk write protected. Salah satunya adalah Fat32 Format Tool GUI. Setelah kamu download dan install, kamu bisa langsung menggunakannya dengan mudah.

Bagi pengguna windows mungkin kamu dapat mencoba cara mematikan windows defender untuk mengatasi masalah ini jika semua cara yang telah dilakukan belum membuahkan hasil.

Seperti pada postingan cara mengatasi usb device not recognized yang telah kami bagikan sebelumnya. Pada tulisan tersebut juga telah dijelaskan dengan singkat dan mudah.

Itu tadi ada tiga cara mengatasi flashdisk write protected versi rumahdroid. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Yuk share tutorial ini agar lebih bermanfaat lagi.

Leave a Comment