Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dan Online

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dan Online – Berbicara tentang file, kamu pasti telah mengetahui berbagai jenis file yang biasa digunakan. Tentu saja jenis-jenis file tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Mulai untuk menyimpan sebuah gambar, text, video maupun audio.

Pada kesempatan kali ini Rumahdroid akan membahas jenis file yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu PDF. File PDF memiliki kemampuan untuk menyimpan text dan gambar sehingga banyak orang yang suka menggunakan format file jenis ini.

Penggunaan file PDF pun sangat sering kita jumpai saat kita melakukan download sebuah ebook. Bahkan jika kamu seorang mahasiswa, kamu mungkin sering menggunakan file PDF untuk mengumpulkan tugas ke dosen.

Pada artikel sebelumnya kami telah membagikan cara menggabungkan file pdf yang masih ada kaitannya dengan postingan ini.

Namun perlu hati-hati dalam melakukan hal tersebut karena akan berpengaruh pada ukuran file itu sendiri.

Semakin banyak text atau gambar yang kamu masukkan ke dalam file PDF maka semakin besar juga ukurannya. Semakin banyak kamu membuat file PDF dalam ukuran besar, maka semakin banyak juga space Harddisk kamu akan berkurang.

Jadi apa solusinya untuk mengatasi agar Harddisk kamu tidak cepat penuh? Solusi tebaik adalah dengan cara memperkecil ukuran file PDF yang kamu miliki. Tenang saja sekarang sudah banyak software offline maupun online yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil file PDF.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline dan Online

Cara yang akan Rumahdroid berikan ke kamu merupakan cara yang paling mudah. Jadi tidak diperlukan kemampuan khusus untuk bisa mengikuti langkah ini.

1. PDF Compressor

Kita mulai dulu dengan cara memperkecil ukuran file PDF offline dan gratis, sehingga kamu tidak memerlukan akses internet untuk bisa menggunakannya. Oleh karena tidak memerlukan akses internet, maka kamu bisa lebih berhemat.

Pastikan PDF Compressor sudah terinstall di laptop atau komputer kamu ya. Jika belum kamu memilikinya, kamu bisa mendownload PDF Compressor terlebih dahulu. Setelah itu lakukan penginstallan dan tunggu sampai proses penginstallan selesai.

Jika sudah terinstall, sekarang kamu bisa langsung menjalankan programnya. Setelah PDF Compressor terbuka, klik tombol ‘Add’ dan pilih file PDF yang ingin kamu perkecil ukurannya.

Langkah terakhir adalah kamu cukup tekan tombol ‘Start’ dan proses memperkecil ukuran file PDF akan berjalan. Tunggu sampai proses kompresi selesai dan kamu akan mendapatkan file PDF yang sudah diperkecil ukurannya.

2. Microsoft Office Word 2013

Cara kedua yang terbilang sangat mudah adalah dengan memanfaatkan Microsoft Word 2013. Tentu saja aplikasi ini juga harus terinstall telebih dahulu di komputer kamu ya.

Jika sudah terinstall, kamu bisa langsung menjalankan word 2013. Kemudian klik menu ‘File‘, pilih ‘Open‘ dan cari file PDF yang ingin kamu perkecil ukurannya.

Kamu pasti akan ditampilkan sebuah popup saat membuka file PDF menggunakan word 2013. Jangan kawatir, klik ‘OK‘ saja. Hal ini terjadi karena file PDF harus di convert ke format word terlebih dahulu.

Setelah itu lakukan save lagi file PDF yang baru saja dibuka. Caranya klik ‘File‘, pilih ‘Save As‘. Pilih Save as type: PDF(*.pdf) dan Optimize for: Minimum size (publishing online), lalu klik ‘Save‘.

Itu tadi cara memperkecil ukuran file PDF yang sudah Rumahdroid berikan. Semoga kamu tidak kebingungan lagi ya jika ingin memperkecil ukuran file PDF yang kamu miliki. Yuk share tutorial ini agar lebih bermanfaat.

Leave a Comment