Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 Terbaru

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 – Microsoft terus melakukan pembaruan sistem operasi andalannya yaitu Windows. Sampai saat ini versi windows terbaru adalah windows 10.

Sebenarnya laptop atau PC yang kamu gunakan tidak akan bermanfaat jika tidak terinstall sistem operasi. Karena sistem opersi lah yang membuat semua aplikasi berjalan di atasnya.

Windows 10 telah menjadi pilihan oleh banyak pengguna. Terutama bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan windows 7 maupun 8.

Nah jika kamu ingin menginstall windows 10 bisa kamu lakukan menggunakan dua metode. Pertama bisa menggunakan CD/DVD dan yang kedua bisa menggunakan flashdrive atau flashdisk.

Dalam menginstall windows 10 tentu tidak sama seperti kamu menginstall aplikasi pada umumnya. Maka dari itu diperlukan sebuah tools atau metode yang disebut Bootable.

Membuat bootable flashdisk windows 10 cukup mudah untuk dilakukan. Tentu yang perlu kamu persiapkan adalah file .iso yang berisi windows 10.

Sekarang Microsoft sudah berbaik hati dalam memberikan file .iso windows. Tidak seperti versi windows sebelumnya dimana kamu perlu mencarinya di blog-blog yang menyediakan download file .iso windows.

Karena kamu mendapatkannya langsung dari situs resminya, maka dipastikan aman tidak ada virus di dalamnya. Tapi saat setelah terinstall juga tetap bisa terkena virus jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya.

Persiapan Sebelum Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kamu membutuhkan file .iso maka kamu harus mendapatkannya dulu. Jika sudah memilikinya kamu bisa melewati tahap persiapan ini. Jika belum kamu bisa mengikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama pastikan akses internet lancar dan kamu memiliki paket internet yang cukup. (disarankan menggunakan Wifi)
  2. Setelah itu kamu bisa mendownload file .iso windows 10 di situs resminya.
  3. Simpan file .iso di folder yang mudah diingat agar nanti tidak kesulitan mencari saat ingin menggunakannya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Cara ini akan menggunakan aplikasi yang bernama Windows 7 USB/DVD. Meski namanya ada windows 7 nya, tapi bisa juga digunakan untuk windows 10. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama sediakan flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB dan colokkan ke laptop atau PC.
  2. Kemudian download terlebih dahulu Windows 7 USB/DVD Download Tool.
  3. Jika sudah, jalankan aplikasinya.
  4. Lalu klik ‘Browse‘ dan pilih file .iso yang akan dijadikan bootable. Lalu klik tombol ‘Next‘.
  5. Karena kamu akan membuat bootable flashdisk, maka klik tombol ‘USB device‘.
  6. Pada menu dropdown, pilihah nama flashdisk yang kamu colokkan ke laptop.
  7. Lalu klik tombol ‘Begin copying‘ lalu ‘Erase USB Device‘.
  8. Proses pembuatan bootable flashdisk akan segera berjalan. Tunggulah hingga prosesnya selesai.

Tips tambahan yang wajib diperhatikan

Pastikan baterai laptop yang kamu gunakan masih banyak atau mencukupi. Sehingga laptop tidak mati saat proses pembuatan bootable flashdisk berjalan.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada flashdisk jika laptop tiba-tiba mati. Untuk mencegahnya sebaiknya kamu menghubungkan laptop ke pengisi daya untuk mencegah baterai habis di tengah proses berjalan.

Sampai disini kamu telah berhasil membuat bootable flashdisk windows 10 secara mandiri. Kamu bisa menggunakannya untuk menginstall windows 10 di laptopmu sendiri ataupun laptop temanmu.

Untuk cara menginstall windows 10, Rumahdroid tidak memberikannya pada artikel kali ini. Karena itu sudah diluar pembahasan dari membuat bootable flashdisk windows 10.

Demikian tutorial cara membuat bootable flashdisk windows 10 versi Rumahdroid. Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami kesulitan dalam membuat bootable flashdisk.

Leave a Comment