Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Lengkap

Cara mematikan windows defender windows 10 – Sebelum kamu memutuskan untuk mematikan windows defender, kamu perlu tahu dulu apa itu windows defender. Karena fitur ini merupakan fitur yang sangat penting dalam sistem operasi windows 10.

Dilihat dari namanya pasti kamu sudah bisa menebak bahwa windows defender ini fungsinya untuk pertahanan. Lalu pertahanan seperti apa sih windows defender ini?

Oke windows defender itu seperti antivirus bawaannya windows 10. Jadi tugas utamanya adalah memproteksi windows 10 dari ancaman berbahaya seperti virus, mallware, dan lainnya.

Tidak seperti versi windows sebelumnya seperti windows 7 dan 8 yang memerlukan antivirus pihak ketiga. Akibatnya windows akan berjalan agak lambat karena perlu meload antivirus tersebut saat pertama kali laptop menyala.

Lalu sudah kebayangkan resikonya jika kamu mematikan windows defender ini. Ibaratnya kamu membuka gerbang windows, sehingga virus dan kawan-kawannya akan mudah menyusup ke windowsmu.

Tapi memang ada beberapa kasus yang memaksa kamu untuk mematikan windows defender untuk sementara. Kebanyakan kasus yang pernah dijumpai adalah jika kamu ingin menginstall software tapi diblok oleh windows defender.

Software yang diblok oleh windows defender biasanya software bajakan. Kenapa begitu? Karena biasanya software bajakan tersebut sudah diubah kodenya (dihack) oleh orang lain lalu disebarkan di internet.

Hal terburuk adalah jika ada orang yang tidak sekedar merubah kodenya saja. Melainkan menyisipkan virus berbahaya ke dalam software bajakan tersebut. Itu kenapa software bajakan sering terkena blok oleh windows defender.

Oke baiklah jika kamu memang memerlukan software yang harus diinstall di windows, kamu bisa mematikannya sementara. Ingat ya, jangan pernah mematikan windows defender secara permanen. Jika kamu memaksa maka resiko tanggung penumpang 🙂

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Lengkap

Seperti yang sudah Rumahdroid jelaskan di atas bahwa mematikan windows defender marupakan tindakan berbahaya. Oleh karena itu kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Jika kamu sudah siap maka itu saja langkahnya berikut ini.

  1. Klik icon windows yang ada di pojok kiri bawah (default).
  2. Ketikkan ‘windows defender’ dan pilih Windows Defender.
  3. Setelah terbuka, pilih ‘Virus & threat protection’.
  4. Lalu klik opsi ‘Virus & threat protection settings’.
  5. Lalu ‘off’ kan tombol slider yang ada di bawah ‘Real-time protection’.
  6. Kemudian ‘off’ kan juga tombol slider di bawah ‘Cloud-delivered protection’.

Jika kamu sudah melakukan semua langkah di atas dengan benar, windows defender sudah tidak aktif lagi. Sekarang kamu bisa menginstall software yang tadi terkena blok oleh windows defender.

Oleh karena mematikan windows defender merupakan hal yang membahayakan windows. Kamu harus segera mengaktifkannya lagi sesegera mungkin.

Cara mengaktifkan windows defender sangat mudah. Kamu ‘On’ kan kembali dua tombole slider yang tadi kamu ‘Off’ kan.

Itu tadi cara mematikan windows defender di windows 10 versi Rumahdroid. Semoga tutorial ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi ini. Yuk share tutorial ini agar lebih bermanfaat lagi.

Leave a Comment