Cara Burning CD Tanpa Software di Laptop Windows

Cara burning cd – Memindahkan file dari laptop atau komputer pc ke dalam cd/dvd tidak bisa menggunakan copy paste biasa. Maka dari itu kita harus menggunakan teknik khusus yang bernama burning atau bakar.

Proses burning cd atau bakar cd ini bisa kita lakukan dengan mudah. Tapi yang perlu dipersiapkan adalah sebuah laptop atau komputer pc yang memiliki cd-room.

Jika kamu menggunakan laptop keluaran terbaru biasanya sudah tidak ada cd-room. Maka dari itu kamu bisa menggunakan bantuan cd-room eksternal atau pinjam laptop teman yang ada cd-roomnya untuk burning.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet Simpati Gigamax Terbaru

Cara Burning CD Tanpa Software di Laptop Windows

Sekarang ini ada banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk bakar cd. Software-software tersebut antara lain PowerISO, Nero, ImgBurn, dan lain sebagainya.

Kalau ingin menggunakan nero kamu dapat mengikuti postingan burning CD dengan nero yang telah kami bagikan sebelumnya.

Akan tetapi jika kamu menggunakan software akan sedikit lebih ribet. Masalahnya kita perlu mendownload dulu softwarenya. Lalu menginstallnya ke laptop kita dan ini membutuhkan cukup banyak waktu.

Apalagi jika kita meminjam atau menggunakan komputer pc warnet yang belum ada software untuk burning cd. Tentu kita harus minta izin dulu kepada teman untuk menginstall software tersebut.

Padahal sebenarnya burning file ke cd bisa kita lakukan tanpa menggunakan software. Sistem operasi windows sudah dibekali dengan kemampuan bakar cd dari Microsoft sendiri.

Selain lebih simpel, burning file ke cd tanpa software juga akan membuat laptop kita ringan. Hal ini karena sistem tidak perlu menjalankan software bantuan yang tadi sudah disebutkan.

Baca juga: Cara Mudah Tukar Bonstri dengan Pulsa atau Paket Internet Gratis

Cara Burning CD Tanpa Software di Laptop Windows

Langsung saja untuk bakar file ke cd kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama kamu siapkan cd/dvd kosongan lalu memasukkannya ke cd-room.
  2. Jika cd yang dimasukkan masih kosong nanti akan muncul jendela pilihan. Silahkan pilih saja opsi ‘With a CD/DVD player‘ dan klik tombol ‘Next‘.cara burning cd
  3. Setelah itu cd yang baru dimasukkan akan terdeteksi oleh sistem sebagai cd/dvd kosong.
  4. Selanjutnya pilih file-file yang akan diburning dan copy paste kan ke dalam cd seperti biasa.
  5. Kemudian klik kanan di dalam direktori cd/dvd tersebut dan pilih opsi ‘Burn to disc‘.cara burning cd
  6. Pada jendela Burn to disc kamu bisa ganti ‘Disc title‘ dengan nama yang kamu inginkan. Ini nantinya akan menjadi nama dari cd/dvd setelah diburning.cara burning cd
  7. Setelah itu biarkan opsi lainnya seperti default dan klik tombol ‘Next‘.
  8. Proses bakar cd akan segera dimulai dan tunggu sampai prosesnya selesai yang ditandai dengan cd-room membuka sendiri.cara burning cd

Sampai disini proses burning file ke cd sudah selesai. Kamu bisa memeriksanya apakah berhasil atau tidak dengan cara memasukkannya cd tersebut ke dalam cd-room.

Baca juga: Cara Download Film Bioskop di IndoXXI dengan Mudah

Jika berhasil maka file-file yang tadi kamu pindahkan sudah ada di dalam cd. Jangan lupa untuk mencoba membuka cd tersebut di laptop yang lainnya untuk memastikan proses ini berhasil.

Nah itulah cara burning cd tanpa software di laptop Windows versi Rumahdroid. Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami kesulitan dalam melakukan proses ini.

Leave a Comment