6 Pilihan Cara Masuk Bios Laptop Acer

Apakah anda sedang bingung dan sedang mencari tahu cara masuk BIOS laptop Acer? Masuk atau mengakses sistem BIOS umumnya dilakukan untuk melakukan beberapa perubahan yang dibutuhkan karena adanya kendalam pada laptop yang digunakan.

Bisa karena ingin melakukan instalasi ulang, untuk proses booting melalui USB, atau yang lainnya. Seperti ingin mengaktiftkan fitur yang biasa digunakan untuk menginstall virtual box.

Pada artikel sebelumnya, RumahDroid.com telah mengulas tentang Cara Masuk BIOS Laptop Asus Terbaru yang juga telah dijelaskan dengan detail 4 tahapan yang bisa dilakukan.

Nah, pada postingan kali ini akan diulas pilihan atau cara masuk BIOS laptop Acer yang berbeda dengan laptop lainnya. Setiap pabrikan memang memiliki caranya masing-masing untuk bisa masuk ke system.

System BIOS (Basic Input Output System) merupakan program yang mengatur dan memeriksa fungsi dari hardware pada komputer dan laptop. Sisyem ini letaknya di sector pertama harddisk.

BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System yang berfungsi untuk mengatur dan memeriksa fungsi dari hardware pada laptop ataupun komputer.

Ada banyak konfigurasi dasar laptop yang terdapat dalam BIOS ini, seperti tanggal, waktu, konfigurasi booting, konfigurasi HDD, kinerja laptop.

Dalam proses saat kita menggunakan laptop, system akan memeriksa system BIOS terlebih dahulu sebelum menjalankan system operasi (OS).

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap laptop memiliki caranya masing-masing. Bila anda menggunakan laptop merek hp, silahkan baca cara masuk bios laptop hp paling mudah pada artikel yang berbeda.

6 Cara Masuk Bios Laptop Acer

Yuk langsung saja simak beberapa pilihan cara masuk BIOS Acer berikut ini.

Cara Pertama

Untuk cara pertama in kita bisa melakukannya dengan menggunakan tombol DEL pada kleyboard. Langkahnya adalah sbb:

  1. Tekan tombol power untuk menghidupkan latop.
  2. Setelah itu segera tekan tombol DEL pada keyboard secara berulang-ulang atau tahan selama laptop booting.
  3. Jangan lepaskan tombol DEL hingga muncul menu BIOS di layer laptop.

Cara Kedua

Langkah lain cara masuk BIOS Acer adalah dengan menggunakan tombol F2 pada kleyboard. Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Tekan tombol power untuk menghidupkan latop.
  2. Setelah itu tekan tombol F2 dan tahan selama proses booting laptop.
  3. Jangan lepaskan tombol F2 hingga muncul tampilan BIOS pada layar laptop.

Cara Ketiga

Pada beberapa laptop Acer keluaran terbaru mungkin tombol yang digunakan untuk mengakses BIOS agak berbeda. Berikut ini beberapa yang mungkin sesuai dengan jenis laptop Acer anda, seperti Aspire, Altos, Spin, Predator, Swift, Ferrari, Extensa, TravelMate, Veriton, atau Power.

Tekan Del atau F2 segera setelah dinyalakan dan nantinya BIOS akan muncul pada layer laptop.

Cara Keempat

Laptop Acer Veriton L480G ternyata memiliki tombol yang berbeda tentang cara masuk BIOS laptop Acer. Laptop ini bukan dengan tombol DEL atau F2 melainkan tombol F12.

Untuk cara masuk BIOS laptop Acer Veriton L480G adalah dengan menyalakan power dan segera tekan tombol F12 hingga muncul tampilan BIOS pada layer.

Cara Kelima

Acer Altos 600 juga memiliki tombol yang berbeda untuk masuk ke BIOS. Berikut ini cara masuk BIOS Acer Altos 600:

Tekan tombol power atau tekan tombol Ctrl + Alt + Esc yang dilanjutkan dengan menekan dan menahan tombol F1 hingga keluar tampilan BIOS-nya.

Cara Keenam

Untuk komputer atau laptop Acer keluaran yang lebih lama juga menggunakan cara yang berbeda untuk mengakses system BIOS. Berikut ini caranya:

Tekan tombol power yang dilakukan dengan menekan tombol F1 atau Ctrl + Alt + Esc untuk mengakses BIOS.

Demikianlah beberapa pilihan cara masuk BIOS laptop Acer yang lebih dibedakan pada tombol yang digunakan, dan semoga bermanfaat ya.

Apabila ada pertanyaan atau anda memiliki cara lain yang lebih mudah silahkan dibagikan ke kami. Siapa tahu orang lain yang membacanya juga ikut mendapat manfaat dari cara yang anda bagikan.

Bagi pemilik laptop merek Toshiba, silahkan ikuti cara masuk bios laptop Toshiba yang sudah kami tulis pada artikel yang berbeda.

Leave a Comment