Tips Cara Burning CD dengan Nero Burning Rom yang Simpel

Cara burning CD dengan Nero telah cukup lama dikenal dan dilakukan para pengguna komputer di seluruh dunia. Selain untuk menyimpan file-file yang dianggap penting, penyimpanan dalam optic drive juga dinilai masih lebih aman dan lebih efisien dalam mengatur dan mengelolanya.

Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan dengan berbagai macam dan jenis aplikasi burning CD yang saat ini telah banyak beredar di pasaran. Aplikasi-plikasi ini ada yang disediakan secara gratis maupun yang berbayar. Bahkan tak sedikit website yang menyediakan layanan aplikasi burning CD online tanpa kita perlu repot untuk menginstalnya.

Nah, pada pastingan kali ini RumahDroid.com akan berbagi tentang langkah mudah cara burning CD dengan Nero Burning Rom, sebuah aplikasi yang sangat mudah digunakan dan kita bisa download Nero burning rom ini secara gratis langsung dari website resminya.

Langkah Mudah Cara Burning CD dengan Nero

Burning CD atau burning data ke CD merupakan proses memasukkan atau memindahkan data ke sebuah CD. Namun dalam tahapan yang dilakukan ini tidak bisa dilaksanakan dengan sederhana seperti layaknya kita memindahkan sebuah file data dari satu drive ke drive lain di dalam komputer. Bahkan CD berbeda dengan flash disk dan proses pemindahannya datanya juga lebih rumit.

Yuk langsung saja simak beberapa langkah mudah cara burning CD dengan memanfaatkan aplikasi Nero berikut ini.

Siapkan Peralatan

Sebelum melakukan burning CD ada beberapa perangkat keras yang sebaiknya anda siapkan terlebh dahulu, yaitu yang meliputi:

  1. Komputer atau Laptop dengan Nero Burning Software sudah terinstal. Jika anda belum memilikinya silahkan unduh Nero Burning Rom Free Download Full Version.
  2. Data yang ingin di-burning.
  3. DVD-RW hard drive atau perangkat keras CD yang harus ada dalam komputer atau laptop anda.
  4. Compact Disk (CD) Blank

CD Blank atau CD kosong harus disiapkan untuk dibakar sebagai tempat menyimpan data atau file anda nantinya. Ada dua tipe dari CD yang sebaiknya anda kenali, yaitu CD-R dimana data yang tersimpan didalamnya akan tersimpan secara permanen tanpa bisa diedit atau dihapus.

Sedangkan CD blank lainnya adalah CR-RW dimana data yang tersimpan didalamnya masih bisa diedit, dihapus, ataupun diganti dengan data atau file lainnya yang anda inginkan.

Tahapan Cara Burning CD dengan Nero

Nah, setelah semua persiapan sudah selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan burning CD. Yuk langsung saja simak urutannya berikut ini.

  • Langkah pertama tentu saja memasukan CD atau DVD yang akan diburning ke dalam komputer.
  • Setelah itu buka aplikasi burning CD Nero di komputer anda.
  • Pilih atau klik Nero Express atau Nero Burn Express
  • Selanjutnya pilih jenis Data yang akan anda bakar atau pindahkan ke dalam CD.
  • Anda klik ADD untuk untuk memilih file data yang akan diburning. Setelah file terpilih lalu klik OPEN.
  • Sesudah nama file data muncul di Nero akan muncul kapasitas data yang akan di burning di bawah yang berwarna hijau. Selanjutnya klik NEXT
  • Selanjutnya beri nama CD atau DVD yang akan menjadi tempat menyimpan data agar mudah diingat dan ditemukan saat dibutuhkan. Setelah siap tekan saja klik BURN.
  • Tunggu hingga proses burning CD selesai.

Itulah ulasan dan tips cara burning CD dengan Nero Burning Rom yang ternyata sangat simple dan mudah, dan semoga infromasi ini bermanfaat ya.

Leave a Comment